PEMAHAMAN TENTANG DOKTRIN KEDAULATAN ALLAH, SERTA IMPLEMENTASINYANYA DALAM MENYIKAPI PANDEMI COVID 19

Rudhy Christyawan

Abstract


Doktrin Kedaulatan Allah adalah doktrin yang penting untuk dipahami secara benar dalam perjalanan Iman para pengikut Kristus, karena seringkali dalam hidup ini ada peristiwa-peristiwa yang tidak kita mengerti terutama kita sebagai orang percaya, ketika mengalami peristiwa ketidak adilan yang dinyatakan dalam masalah, penderitaan, penyakit parah dan peristiwa bencana alam secara global yang terjadi dan menimpa banyak orang percaya atau orang benar yang memiliki ketaatan sepenuhnya kepada Tuhan. Dalam ilmu Teodisi orang selalu beranggapan harusnya kalau Allah adil, setiap peristiwa-peristiwa tersebut tidak akan menimpa orang benar, justru peristiwa-peristiwa tersebut harusnya menimpa orang jahat, sebagai bentuk hukuman Tuhan, karena penderitaan di dunia ini adalah akibat kejatuhan manusia dalam dosa. Ternyata pemikiran yang berlaku umum itu tidak sepenuhnya benar. Melalui peristiwa Pandemi Covid 19 yang melanda dunia secara global membuktikan bahwa pengertian secara umum mengenai Teodisi sama sekali tidak terbukti, karena banyak sekali orang benar yang ditimpa malapetaka melalui bencana Covid 19 yang akan menimpa kepada siapa saja dan banyak yang akan berakhir dengan kematian orang baik yang sesungguhnya tidak diinginkan oleh orang-orang yang ditinggalkan dengan pertimbangan masih muda, masih dibutuhkan dalam pelayanan. Melalui artikel ini penulis ingin meneliti bahwa dengan pemahaman yang benar tentang doktrin Kedaulatan Allah (sesuai dengan Alkitab) maka kita sebagai orang percaya yang hidup di masa pandemi Covid 19 ini bisa menilai tindakan Tuhan ketika mengizinkan penderitaan, masalah ketidak adilan melalui penyakit berat dan bencana alam secara global bukan dengan cara yang salah dan bisa mengimplementasikannya dalam menyikapi peristiwa yang terjadi dalam masa pandemi ini secara benar. Dengan demikian kita sebagai orang percaya tetap kuat meskipun pandemi ini tidak kunjung selesai karena selalu ada pengharapan akan perbuatan Allah yang terbaik melalui kehidupan kita. Allah sedang memakai peristiwa-peristiwa pahit untuk membuat rencana Tuhan yang indah terlaksana sempurna dalam hidup orang percaya. Metode yang penulis pakai dalam penelitian ini adalah literature Review. Penulis menggunakan sumber data penelitian dari Alkitab, buku-buku referensi dan jurnal-jurnal yang relevan dengan tema yang dibahas penulis. Berdasarkan obyek kajian penelitian ini, maka penulis menempuh beberapa tahap untuk mendapatkan data yang akan dibahas antara lain: pertama, mencatat beberapa pembahasan mengenai konsep kedaulatan Allah yang terdapat dalam Alkitab, buku-buku dan jurnal-jurnal terbaru. Kedua, penulis mencari referensi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masa pandemi covid 19 melalui jurnal-jurnal terbaru. Ketiga, menganalisis hasil temuan tersebut dan Keempat penulis menarik sebuah kesimpulan dari hasil pembahasan.


Full Text:

PDF

References


Agung, P Daun - Jurnal Amanat, and undefined 2008. “SEPUTAR MASALAH KEDAULATAN ALLAH DAN TANGGUNG JAWAB MANUSIA.” ojs.sttaa.ac.id (n.d.). Accessed May 1, 2021. https://ojs.sttaa.ac.id/index.php/JAA/article/view/274.

Enns, PP. “The Moody Handbook of Theology” (2008).

Gunawan, Esther, Rohaniwan Gereja Kristen Kalam Kudus, Jl Semeru No, and Jawa Timur. Meneropong Makna Penderitaan Manusia Menurut Konsep Teodise C. S. Lewis. Ojs.Seabs.Ac.Id, n.d. Accessed April 26, 2021. http://www.cslewisinstitute.org/webfm_send/636.

H, Hutahaean ; B. S., Silalahi ; H. S, Simanjuntak. “Spiritualitas Pandemik: Tinjauan Fenomenologi Ibadah Di Rumah. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat.” ejti.v4i2.270 (2020): 235–250. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i2.270.

John R. W. Stott. SALIB KRISTUS. 1st ed. Surabaya: Momentum, 2015.

L., Sulkowski ; G., Ignatowski. “Impact of COVID-19 Pandemic on Organization of Religious Behaviour in Different Christian Denominations in Poland” (2020).

L. P. K., Wardhani. ; D. F., Panuntun. “Pelayanan Pastoral Penghiburan Kedukaan Bagi Keluarga Korban Meninggal Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). KENOSIS.” Jurnal Kajian Teologi, 6(1), (2020): 43–63.

Louis Berkhof. “Teologi Sistematika 2” (2020).

Lukito, DL. “Iman Kristen Di Tengah Pandemi: Hidup Realistis Ketika Penderitaan Dan Kematian Merebak” (2020). Accessed April 26, 2021. http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/707.

Piper, John ; Taylor Justin. Penderitaan Dan Kedaulatan Allah. 1st ed. Surabaya: Momentum, 2005.

Piper, John. Corona Virus and Christ. 1st ed. Wheaton, Illinois 60187: Cross Way, 2020.

R, Dada. “Konsep Agama Suku Wana Tentang Kematian.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 1(2) (2019).

Sardono, EE, N Hermiawan - … TEOLOGI KRISTEN, and undefined 2020. “MAKNA FENOMENA KEMATIAN MASSAL DI TENGAH PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN REFLEKSI DARI AYUB 1: 1-22.” jurnal.sttstarslub.ac.id (n.d.). Accessed May 2, 2021. http://www.jurnal.sttstarslub.ac.id/index.php/js/article/view/158.

Tripp, Paul David. “Suffering (Penderitaan)” (2020).

“Baptis Massal Pasca Komunis | Republika Online.” Accessed May 1, 2021. https://www.republika.co.id/berita/nut1w618/baptis-massal-pasca-komunis.

“Sejarah Runtuhnya Tembok Berlin 1989.” Accessed May 1, 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/22/111809269/sejarah-runtuhnya-tembok-berlin-1989.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.